Tuesday, October 14, 2008

I'm Back...!

I'm back now! After about a month not active writing in my blog. Here I am. Tapi gak tahu juga mau nulis apa. Paling cerita lebaran kemaren kali ya... Nothing special sih about my lebaran day karena dari dulu begitu-begitu aja. Pagi-pagi sholat Ied sekeluarga, dari situ langsung ke rumah kakek, trus langsung balik ke rumah lagi. Nerima para tetamu biasanya para tetangga dekat sekitar rumah sama anak-anak kecil yang pada 'nyawer' ke rumah-rumah. Trus agak siangan dikit, baru deh sodara-sodara pada berdatangan. Sodara dari nyokap dan bokap. Semua tumplek, plek, plek di rumah. Walhasil, rumah terasa penuh sesak deh! Maklum lah rumah kecil begitu. Tapi seru sih karena memang tradisi lebaran di rumah tuh emang kayak begitu, semua sodara pada ngumpulnya di rumah, secar gitu both of my parents are the first child in their family, so all their sisters and brothers are coming in to our house.

Biasanya mereka semua menantikan acara makan ketupat dan semur daging kambing buatan nyokap. Nah, kalo menu yang satu ini emang udah terkenal banget deh! Ketupat dan semur daging kambing buatan nyokap is the best ketupat dan semur daging kambing ever! Semua sodara dan temen-temen dekat yang dateng pasti gak akan afdol kalo gak pake makan ketupat + semur buatan nyokap ini...! Dan selalu aja tiap tahun, ketupat dan semur tsb ludes dalam satu hari itu ajah! Walhasil, kita-kita hanya bisa makan 2 kali aja, pagi dan siang. Malemnya udah kehabisan aja gitu. Tp biasanya sih nyokap suka bikin lagi buat kita-kita... he..he.. kasihan banget deh...!

Lebaran hari ke-2 kita pada kumpul di rumah adik bokap di Tomang. Acaranya silaturrahmi dan makan-makan lagi. Adik bokap yang ini, (kita panggilnya Mama Ida) paling pinter masak. Jenis masakan dan kue apapun dia bisa dan dibuat dengan cara yang berbeda dari orang kebanyakan, baik dari cara masaknya ataupun dari bahan-bahannya. Makanya adikku, Mila, suka belajar masak dari Mama Ida ini. Dari mulai kue nastar, kue keju, macaroni schotel, kue-kue tradisional Betawi, sampe 'bir pletok' (minuman khas masyarakat Betawi) sangat mahir dikuasai Mama Ida ini. Seneng banget bisa belajar dan nyontek resep dari dia, walopun kalo aku sendiri sih gak pernah nyoba... he..he... secara gitu gak punya banyak waktu untuk belajar dan nyoba-nyoba resep dari dia. Mila aja tuh yang rajin 'ngilmu' ke dia. Well, at least ada successor lah di rumah yang bisa mewarisi resep-resep masakannya. ;o)

Basically sih acara lebaranku ya seperti itu deh... For me lebaran is time to gather with family. Literally. Karena hanya pada saat lebaran aja kita pada ketemuan sama semua sodara. Kalo hari-hari lain atau acara-acara lain belum tentu kita bisa ketemu semua sodara karena pasti aja ada yang absen dateng. Well, that's my lebaran day! Everything is as it is. Nothing so special. Nothing so big. Just a regular and simple day with family which means a lot to each of us.

2 comments:

TrueMom said...

cerita lebaran ku..pulang kampung..cerita sedih kehilangan orang yg kita sayang, tapi juga berserah penuh...ke mertua, selebihnya dari itu..cerita nya..uang ludes..he..he..

Iik said...

Yang sabar ya ke...
Uang kan gak count kalo kita spend for something that really means a lot for us, our family...